Apoteker Cilacap Edukasi Penggunaan Obat Secara Serentak Pada Pelajar

Kegiatan Apoteker Mengajar. Kegiatan pengabdian masyarakat Apoteker Cilacap ajak siswa jauhi penyalahgunaan obat
Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Pengurus Cabang (PC) Cilacap dalam rangka melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang digagas Pengurus Daerah (PD) IAI Jawa Tengah melaksanakan kegiatan Apoteker Mengajar pada hari Senin (30 April 2018) kemarin. Kegiatan ini juga tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai apoteker mengajar dengan pelajar terbanyak dalam waktu serentak dengan obyek “Edukasi Penggunaan Obat Secara Serentak Kepada Pelajar.
Adapun peserta yang ikut dalam edukasi ini adalah siswa SMP, SMA, SMK atau sederajat se-Kabupaten Cilacap yang berjumlah 5.637 siswa dari 23 sekolah dengan melibatkan 165 Apoteker.
Dalam materi yang disampaikan, para Apoteker ini mengingatkan kepada para pelajar tentang dampak negatif dari penyalahgunaan obat-obatan.
“Dalam keseharian, pelajar-pelajar ini khususnya kompetensi keahlian farmasi sudah diperkenalkan tentang  obat. Tugas kita sebagai Apoteker adalah mengingatkan kembali dampak negatif dari obat-obat yang digunakan tidak sesuai dengan fungsinya, semoga dengan kegiatan ini angka penyalahgunaan obat khususnya di Jawa Tengah dapat menurun ujar Juni Purnomowati, S. Farm., Apt., salah satu pengajar Apoteker di SMK Muhammadiyah 1 Cilacap, mewakili delapan pengajar Apoteker lainnya, yaitu; Dra. Siti Cholifah Soemarto, Apt., Sudjarwati, S. Farm., Apt., Erna Kartika Rahayu, S. Farm., Apt., Rr. Rini Garini, S. Farm.,  Apt., Agung Yulian Marsono, S. Farm., Apt., Uniek Setyowati Wulandari, S. Farm., Apt., Hari Mulyakno Santoso, S. Farm., Apt., dan Dwika Aca Pratama, S. Farm., Apt. 

Kegiatan Apoteker Mengajar ini disambut baik oleh Haryanto, S. T, Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Cilacap. 
Dalam sambutannya, Haryanto menyampaikan Sebagai generasi bangsa, usia pelajar memang memerlukan banyak arahan dan bimbingan agar tidak terjerumus pada hal-hal negatif seperti penyalahgunaan obat. Ia juga mengapresiasi kegiatan yang dilakukan IAI PC Cilacap dalam mengedukasi penggunaan dan penyalahgunaan obat secara serentak ini.

“Apresiasi buat kawan-kawan Apoteker Cilacap yang dengan kompetensi ilmu kefarmasiannya melaksanakan kampanye melawan penyalahgunaan obat. Tantangan terbesarnya adalah bagaimana langkah selanjutnya yang akan dilakukan setelah ini. Karena persoalan melawan penyalahgunaan obat, harus didasari tekad dan komitmen ujarnya.*

*Pereportase : Dwika Aca Pratama, Apt. 
  Tim Apoteker Mengajar dan Anggota IAI PC Cilacap